Blog Belantara

Job Vacancy

Position: Koordinator Konservasi, Sumatera Selatan

 

Yayasan Belantara (Belantara) berada pada lintasan pertumbuhan dan terus membangun tindakan dan kegiatan konservasi, kemitraan lokal dan nasional, pendanaan dan reputasi positif. Belantara telah menemukan dirinya dalam posisi yang patut ditiru dan memiliki sejumlah usaha dan kesempatan menarik untuk membangun kegiatan konservasi di beberapa lanskap di Sumatera dan Kalimantan.

 

Yayasan Belantara membutuhkan Koordinator Konservasi setidaknya dengan pengalaman lima tahun terkait dalam peran yang sebanding dengan pemahaman tentang konservasi, restorasi, pengelolaan dan bekerja dengan beragam tim konservasi. Hal ini membutuhkan  individu  dengan perhatian besar untuk detail, team building, dan keterampilan komunikasi yang kuat. Koordinator harus  memiliki motivasi diri dan profesional, memiliki kemampuan untuk multi-task dan mengelola permintaan dari berbagai sumber, memiliki keterampilan menulis dan analitis yang kuat, dan mendemonstrasikan program  manajemen yang baik dan kecerdasan finansial.

Posisi Koordinator Konservasi, Sumatera Selatan adalah untuk mengkoordinasi, mengelola dan memastikan pelaksanaan kegiatan Yayasan Belantara di propinsi Sumatera Selatan berkualitas serta sesuai dengan rencana kerja, desain rintisan dan anggaran melalui keterlibatan aktif dan bermakna dari kolaborasi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat propinsi dan kabupaten   tempat rintisan Yayasan Belantara  dilaksanakan yaitu di  Berbak - Sembilang, Dangku Meranti dan Padang Sugihan.

Koordinator Konservasi Sumatera Selatan harus mampu mencapai target  sebagai berikut:

Fungsional:

  • Mempunyai  kemampuan yang baik untuk menulis laporan-laporan.
  • Mempunyai kemampuan yang baik dalam menggunakan program Microsoft Office.
  • Mempunyai kemampuan untuk berkoordinasi dan memfasilitasi pemberdayaan masyarakat, diskusi kelompok terarah, pelatihan-pelatihan, sosialisasi dan forum-forum diskusi di tingkat masyarakat.
  • Mempunyai kemampuan dalam melakukan advokasi kebijakan pemerintahan, khusus di sektor kehutanan.
  • Mempunyai  kemampuan dalam menulis dan berbicara Bahasa Indonesia dengan baik.
  • Mempunyai  kemampuan dalam menganalisa, merencanakan, memonitor, dan memecahkan masalah, dan kapasitas untuk menempatkan konsep pekerjaan dalam tindakan dan/atau aktivitas yang dapat dikerjakan; kemampuan untuk melakukan proses monitor dan mengidentifikasi isu-isu serta resiko-resiko yang muncul.

Manajerial:

  1. Mempunyai  kemampuan dalam memimpin, mengkoordinasi dan mengelola tim di tingkat propinsi dan kabupaten.
  2. Mempunyai kemampuan dalam melaksanakan program-program di lapangan, menyusun rencana dan jadwal kerja serta mensupervisi secara operasional tim lapangan termasuk dalam hal anggaran dan penggunaan keuangan, serta administrasi.

Perilaku:

  1. Mempunyai kemampuan interpersonal yang tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif dan saling menghargai dengan sesama rekan kerja, bawahan, atasan, pemangku kepentingan dan pihak manajemen Kegiatan Belantara.
  2. Mempunyai  kemauan untuk proaktif, memiliki motivasi tinggi dan seorang perintis.
  3. Mempunyai  kemampuan kinerja yang baik saat bekerja didalam tim maupun sendirian dengan supervisi yang minimal.
  4. Mempunyai  kemampuan dalam mengelola waktu secara efektif, bekerja secara multi-tasking, mengejar target kerja yang ketat dan mengelola perubahan yang sering terjadi dalam program

Untuk anda yang berminta, silahkan kirim CV anda kepada :biraningrum@belantara.or.id

Sebelum tanggal 2 Juni 2018