Blog Belantara

Peringati Isra Mi'Raj dan Hari Bumi, Yayasan Belantara dan Mitra Kunjungi SMAN 1 Pekanbaru

KOTA (RIAUPOS.CO) - Rangkaian acara memperingati Hari Bumi oleh Yayasan Belantara bersama Senat Mahasiswa D3 Perpajakan dan Akuntasi Universitas Riau (Unri) serta Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM) Wilayah Riau dilanjutkan dengan berkunjung ke SMAN 1 Pekanbaru, Jumat (20/4). Kali ini bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni SMAN 1 (IKA Smansa) menyosialisasikan betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peringatan Israk Mikraj 1438 H. Ceramah disampaikan oleh Ustaz Dr Yohanan Lc yang memaparkan tentang Islam yang peduli terhadap lingkungan. 

“Jika ada di tanganmu biji kurma, walaupun kiamat akan terjadi besok hari, maka tanamlah bibit kurma tersebut,” ujar Yohanan dalam tausiahnya.

Wakil Sekjen IKA Smansa Priyo Anggoro mengatakan, kegiatan positif ini tentunya bisa menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang lingkungan. Kegiatan kunjungan dari Yayasan Belantara dan mitra ini juga sejalan dengan misi IKA Smansa. Yakni, para alumni peduli terhadap lingkungan sekitar. Kedatangan para mahasiswa Unri yang memberikan penjelasan tentang Hari Bumi tentunya akan membuat para siswa menyelaraskan segala tindakan yang mereka kerjakan berdampak positif atau negatif terhadap lingkungan.

Priyo juga berharap sebagai siswa yang akan menjadi penerus bangsa serta penentu kebijakan, penting sekali bagi mereka untuk menjadikan lingkungan isu penting. 

“Untuk jadi pedoman dan bisa berperan dalam menciptakan lingkungan yang terjaga,” ujarnya.

Koordinator Konservasi Provinsi Riau Yayasan Belantara Aiden Yusti mengatakan, kunjungan ini tentunya mengajak para remaja untuk peduli terhadap lingkungan. Selain menjelaskan apa itu Yayasan Belantara.

Sesuai dengan tema pada peringatan Hari Bumi tahun ini yakni “Pohonmu adalah hidupmu”, Aiden berharap para generasi saat ini akan mencintai lingkungan karena beberapa tahun ke depan mereka akan secara langsung merasakan dampak jika lingkungan tidak dijaga. “Dimulai dari sekarang agar kehidupan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Aiden juga mengajak siswa SMAN 1 Pekanbaru untuk ikut berpartisipasi dalam acara puncak yang digelar pada 22 April memperingati Hari Bumi di car free day. 

Ketua OSIS SMAN 1 Pekanbaru Abdi Darsono mengatakan,  rangkaian acara memperingati Israk Mikraj antara lain saritilawah, tilawah, mutiara kalbu, nasyid, pembacaan asmaulhusna, siraman rohani yang dilanjutkan dengan edukasi mengenai Hari Bumi.

Dijelaskan Abdi, SMAN 1 Pekanbaru merupakan sekolah Adiwiyata Nasional. Para siswa memang sudah diingatkan untuk selalu menjaga lingkungan. 

“Kami menjadi lebih peduli terhadap lingkungan ditambah dengan penjelasan yang diberikan dari mahasiswa Unri,” ujarnya.

Selain itu, di SMAN 1 Pekanbaru juga diwajibkan setiap Kamis membawa satu sampah untuk didaur ulang. Juga memilah sampah serta menggunakan barang-barang yang bisa digunakan kembali.

Abdi berharap generasi saat ini sama-sama menjaga lingkungan sekitar, dimulai dari lingkungsn rumah dan sekolah. Karena, dengan menjaga lingkungan kehidupan manusia akan lebih bahagia.(cr4/ifr)

http://riaupos.co/berita.php?act=full&id=180910&page=1#.Wt7qH9NubNw