Blog Belantara

Yayasan Belantara MoU dengan Universitas Riau

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Riau Dr Ir Aras Mulyadi DEA dan dari pihak Yayasan Belantara Vice Chairman Board of Trustee  Prof Jatna Sapriatna serta Direktur Eksekutif Yayasan Belantara Dr Sri Mariati. Acara juga diikuti jajaran pemimpin Universitas Riau. 

Perlu diketahui, Yayasan Belantara adalah sebuah lembaga penyalur dana hibah yabg dibentuk pada tahun 2014. Dimana yayasan ini dibentuk dengan tujuan memberikan manfaat bagi masyarakat dan konservasi yang lebih luas. Fokus utama dari yayasan ini adalah untuk mengalokasi hibah untuk mendukung pemulihan,  perlindungan  dan konservasi spesies yang punah seperti khususnya Harimau Sumatera, Gajah Sumatera serta Orangutan Sumatera dan Kalimantan.

Rektor Universitas Riau Dr Ir Aras Mulyadi DEA menjelaskan tujuannya melakukan MoU. Dikatakannya, MoU dilakukan agar Universitas Riau bisa mengembangkan lingkungan yang ada di sekitar ruang lingkupnya. "Dengan MoU ini semoga bisa memberikan kesempatan Universitas Riau mengembangkan flora dan fauna, guna melestarikan alam di lingkungannya sebagimana tujuan dari yayasan dibentuk," sebut Aras Mulyadi pada  Riau Pos, Senin (8/1).

Lalu dikatakan Aras Mulyadi, bukan hanya lingkungan yang bentuk fisik saja masuk dalam kerja sama tersebut. Karena lingkungan bisa dalam bentuk sosial dan ekonomi yang diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat yang ada. 

Sementara Prof Jatna Sapriatna, menjelaskan keunikan yayasan tersebut. Sejarah Yayasan Belantara ini menarik. Kami punya mimpi bagaimana hutan dan lingkungan sebenarnya harus dikelola bersama. Mempunyai dampak ekonomi yang sangat besar. Jadi bagaiamana hutan dikelola baik dan masyarakat sejahtera. Itu tujuan utamanya," jelasnya.