Blog Belantara

Isoman Usai, Sampahku Terbengkalai

Klaster Lingkungan Hidup dan Konservasi Filantropi Indonesia melakukan kegiatan IG Live Lingkungan yang berjudul “Isoman Usai, Sampahku Terbengkalai” pada Jumat (25/02).  Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara anggota Klaster Lingkungan Hidup dan Konservasi Filantropi Indonesia yaitu Belantara Foundation, Dompet Dhuafa, Greeneration dan juga Dompet Dhuafa Volunteer. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk keikutsertaan Klaster Lingkungan Hidup dan Konservasi terhadap momen Hari Peduli Sampah Nasional yang dirayakan setiap tahunnya pada 21 Februari.

 

Tema Isoman Usai, Sampahku Terbengkalai terpilih menjadi topik yang diperbincangkan karena adanya peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron. Hingga Selasa (15/02/2022), data resmi menunjukkan jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia mencapai hingga 57.049 kasus. Kondisi Covid-19 yang meningkat ini menyebabkan banyak masyarakat yang terinfeksi Covid-19 diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan isolasi mandiri (isoman). 

 

Mayoritas penyintas Covid-19 yang melaksanakan isoman ini telah mengalami perubahan kebiasaan dari segi konsumsi makanan dan kebiasaan berbelanja dalam keseharian mereka. Keterbatasan akses untuk bertemu dengan pedagang maupun masuk ke dalam ruang publik seperti minimarket, pasar, swalayan dll mengharuskan mereka untuk melakukan transaksi via online melalui e-commerce maupun jasa pengantar makanan online. Perubahan kebiasaan ini mengakibatkan bertambahnya produksi sampah terutama sampah bungkus makanan dan barang di lingkungan mereka. Jika hal ini dibiarkan terus menerus tanpa ada pengelolaan sampah yang baik dan benar, kedepannya tentu akan akan banyak dampak negatif yang timbul di masa depan. Baik itu dampak negatif dari segi lingkungan maupun dari segi kesehatan manusia.


Kegiatan IG Live “Isoman Usai, Sampahku Terbengkalai” merupakan salah satu dari serangkaian acara kampanye kegiatan lingkungan yang akan diadakan oleh Klaster Lingkungan Hidup dan Kehutanan Filantropi Indonesia. Pada tahun 2022 ini, Klaster ingkungan Hidup dan Kehutanan Filantropi Indonesia menginisiasi gerakan #AsikTanpaSampahPlastik. Rangkaian acara #AsikTanpaSampahPlastik ini terdiri dari kegiatan online berupa IG Live, Webinar dan Kompetisi Online yang akan dilaksanakan sepanjang bulan Februari hingga puncak acara pada Hari Lingkungan Hidup di 5 Juni 2022 mendatang. Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2022 dipilih sebagai pembukaan gerakan, ini melalui kegiatan IG Live bertema Isoman Usai, Sampahku Terbengkalai.
Leave a Comment