Blog Belantara

Instagram Live Hari Orangutan Sedunia: Orangutan Hidupnya di Hutan

Setiap tanggal 19 Agustus masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari Orangutan Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan orangutan beserta habitatnya. Pada momentum ini, Belantara Foundation berkolaborasi bersama Program Sarjana dan Pascasarjana Biologi Universitas Nasional, FORINA dan Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI menyelenggarakan Instagram Live dengan tema "Orangutan Hidupnya di Hutan" pada Jumat (19/08/22).

 

Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang hidup di daratan Asia, kerabat terdekat mereka seperti  simpanse, gorila, dan bonobo berasal dari Afrika. Di Indonesia, orangutan merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh Pemerintah. Perlindungan terhadap orangutan tercantum dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 dan juga P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018. 

 

Dr. Fitriah Basalamah, M.Si., yang merupakan seorang peneliti Orangutan di Program Sarjana dan Pascasarjana Biologi Universitas Nasional menuturkan bahwa berdasarkan data dari IUCN (The International Union for Conservation of Nature's) saat ini orangutan berada dalam status critically endangered dikarenakan populasinya di alam semakin berkurang. Selain itu, CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) juga mengkategorikan orangutan dalam Appendix I, yaitu larangan untuk memperjual belikan spesies ini dalam bentuk apapun. 

 

“Populasi orangutan liar di alam sudah sangat sedikit, kira-kira hanya sekitar 76.000 saja yang saat ini masih ada di hutan (alam liar). Persebaran orangutan ada di Sumatra, Kalimantan dan sebagian di Utaranya Kalimantan di luar Indonesia, nah bayangkan seluas itu tetapi hanya ada sekitar 76.000 saja yang ada. Ya mudah-mudahan kita bisa menjaga terus sehingga statusnya menjadi tidak kritis lagi” tutur Fitri.

 

Akibat dari keberadaannya di alam liar yang kini semakin sedikit, pelestarian orangutan sudah seharusnya mendapatkan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. Kolaborasi antara para pihak seperti Universitas/Akademisi, NGO, komunitas penggiat lingkungan hidup dan pemangku kepentingan terkait saat ini sangat diperlukan demi mewujudkan kelestarian orangutan dan habitatnya yang populasinya kian menurun.

 

Forum Orangutan Indonesia (FORINA) menginisiasi peringatan Hari Orangutan Sedunia di Indonesia dengan tema Orangutan Hidupnya di Hutan. Rona Saab, Sekretaris Eksekutif FORINA mengemukakan pesan yang ingin disampaikan dibalik tema tersebut, yaitu orangutan bukan satwa peliharaan, hutan adalah rumah terbaik orangutan dan jaga hutan habitat orangutan. FORINA mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkolaborasi dan bersama-sama melestarikan orangutan di habitat asli mereka.

 

“Ada pesan yang ingin kita sampaikan bersama dari tema Orangutan Hidupnya di Hutan, dengan berkolaborasi, kita bersama-sama memberitahu kepada masyarakat ayo kita jaga orangutan kita, kita lestarikan bersama habitatnya, saling bergandengan tangan untuk membantu dan mendukung (dalam upaya pelestarian orang utan)”, tandasnya.

 

Kegiatan Instagram Live ini dapat ditonton kembali di: https://www.instagram.com/p/Chb-1o8Ikpq/ 

 
Leave a Comment